KPU: Logistik Pilkada Surabaya Siap 100 Persen

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surabaya menyatakan semua logistik serta kelengkapan alat sudah siap 100 persen untuk digunakan pada saat pemungutan suara pada Pilkada Surabaya yang digelar Rabu (2/6).
“Semuanya sudah siap, kami memastikan dalam pelaksanaan pencoblosan sudah tidak ada gangguan dari segi perlengkapan dan logistik,” kata anggota KPU Surabaya Bidang Logistik, Umum dan Rumah Tangga, Robiyan Arifin, di Surabaya, Selasa.
Menurut dia, untuk kotak suara dan bilik suara serta surat suara sudah sejak H-7 lalu sudah distribusikan ke Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) maupun Panitia Pemilihan Suara (PPS) atau setingkat tingkat kelurahan.
Bahkan, lanjut dia, pada H-1 Pilkada Surabaya kotak suara dan bilik suara serta semua logistik sudah berada di masing-masing Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) di tiap-tiap Tempat Pemungutan Suara (TPS).
“Biasanya menjelang pencoblosan, Ketua KPPS didampingi seorang petugas perlindungan masyarakat (Linmas) mengambil kotak dan bilik suara serta perlengkapan lainnya untuk kemudian diamankan di Balai RW atau Balai RT. Di tempat penyimpanan juga harus dijaga, baik oleh anggota Linmas maupun anggota kepolisian,” katanya.
Penjagaan, lanjut Robiyan, sangat penting dan harus dilakukan karena kotak dan bilik suara tidak boleh dibuka sebelum waktu pencoblosan di TPS.
“Sifatnya sangat rahasia. Kalau ada yang berani membuka, sama artinya dengan melanggar hukum dan pasti dikenakan tindak pidana. Karena itu kepolisian sudah ditempatkan untuk mengantisipasi tindakan yang berbau curang dan sebagainya,” katanya.
Sementara itu, hasil revisi untuk daftar pemilih tetap (DPT) yang semula jumlahnya 2.144.105 jiwa, namun setelah diperbaiki, kini DPT-nya menjadi 2.142.899 jiwa. Untuk jumlah TPS tetap sebanyak 4.898 titik.
Sumber : antarajatim.com

About alqonews

tolalitas pada sesuatu itu dalah keharus dalam pilihan hidup. ihktiar suatu yg wajib dilakun semakin sempitnya dunia terhadap ruang gerak individu yang termajilakan secara sistem. kebebasa adalah hak mutlak..!!
This entry was posted in Politik & Pemerintah. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s