Software open source solusi Hemat Anggaran

Surabaya- Sebagai salah satu solusi bagi Pemkot Surabaya Software open source untuk menghemat anggaran bila dibandingkan dengan menggunakan software resmi. Selain itu, dengan menggunakan open source, maka pemerintah tidak harus melakukan update secara periodik. Berbeda ketika menggunakan software asli yang mengharuskan melakukan update pada jangka waktu tertentu. Pembaharuan ini juga tentunya diharuskan dengan membayar sejumlah rupiah yang jumlahnya tentu saja tidak sedikit bila dikalikan dengan kebutuhan pemerintahan.

“Pertimbangan itu yang akhirnya kami memutuskan untuk mulai melakukan migrasi ke software open source,” kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Chalid Buhari,  ketika ditemui di kantornya, Kompleks Pemkot Surabaya, Jalan Jimerto, Sleasa (3/8/2010).

Ide itu juga dilandaskan pada surat edaran Menteri Negara Pemberdayagunaan
Aparatur Negara (MenPAN) yang diterbitkan 2009 lalu yang harus mengaplikasikan open source di pemerintah daerah. Surabaya menjadi kota pertama yang menerapkan software ini.

Langkah pertama adalah membuat tim open source yang diketuai Chalid Buhari dan beranggotakan orang-orang yang aktif di komunitas open source dan profesional. Tim yang membangun open source ini membuat landasan-landasan mengenai penerapan open source.

Pada periode tersebut, lanjutnya, disepakati open source ini aplikasinya akan dikerjakan dengan menggandeng komunitas dan Usaha Kecil Menengah (UKM) di Surabaya. Hal ini bertujuan agar biaya untuk memproduksi tidak mahal dan
masyarakat dilibatkan dalam hal ini.

“Kami membuat software itu sendiri dengan menggandeng UKM dan komunitas dan menghabiskan biaya sekitar Rp 50 juta untuk pembangunan software itu. Software ini akhirnya bisa digunakan oleh komputer di pemkot,” paparnya. Software itu satu dan kemudian dicopy di dalam komputer tiap dinas yang

About alqonews

tolalitas pada sesuatu itu dalah keharus dalam pilihan hidup. ihktiar suatu yg wajib dilakun semakin sempitnya dunia terhadap ruang gerak individu yang termajilakan secara sistem. kebebasa adalah hak mutlak..!!
This entry was posted in Teknologi. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s