Pemuda Sumbar Ciptakan “Facebook” Muslim Indonesia

Dalam perkembangan IT di indonesia dan bermunculan para hali IT di nedonesia sperti Dola Indra (25) putra Agam, Sumatera Barat menciptakan CMnet (cybermoslem.net) situs jejaring sosial muslim pertama buatan Indonesia.

Dolla Indra, pembuat mengutarakan awalnya pembuatan CMnet karena iseng akibat kejenuhan terhadap situs jejaring sosial facebook. CMnet mengusung konsep gabungan antara facebook dan twitter, pengguna seakan berada di Facebook,tapi dengan tampilan mirip twitter, kata di Padang, Jum`at.


Sejak dirilis pada 1 Agustus 2010, CMnet mendapat perhatian luas dikalangan pengguna internet dan pemakai situs petemanan didunia maya. Didominasi tampilan berwarna hijau CMnet merupakan situs pertemanan yang di luncurkan dengan sistem opensource yang telah diedit dengan server berada di Indonesia.

Ia mengatakan, “pembuatan CMnet selain sarana silaturahmi juga ingin menjadikannya sebagai situs jejaring sosial muslim canggih”. Memasuki hari keduabelas sejak dirilis, CMnet mendapat sambutan antusias dari pengguna internet. Hingga saat ini tercatat sudah ratusan orang menjadi pengguna. Bahkan CMnet menjadi headline di kompasiana sebuah blog yang dikelola kompas dengan pengunjung perharinya mencapai 19 juta.

Sempat menempuh pendidikan di Jurusan Kimia Universitas Andalas, Dolla belajar IT (informasi teknologi ) secara otodidak sejak SMA. “Tidak ada pendidikan khusus di bidang IT, hanya karena ketertarikan,” kata dia. “Bahkan ia pernah menghabiskan waktu enam jam menggunakan internet saat SMA,” kenangnya. Sejak 2006 suami dari dr.Elsesmita tersebut mendirikan perusahaan Cyber Moslem yang bergerak dibidang IT dan pembuatan web yang bergerak di Sumatera Barat .

Ia berharap kedepan CMnet akan lebih berkembang dan menjadi sarana silaturahmi dan memperdalam wawasan keislaman, “tentunya setelah ada sponsor yang bersedia mendanai,” lanjutnya. CMnet bisa diakses dengan alamat http://www.cybermoslem,net.

About alqonews

tolalitas pada sesuatu itu dalah keharus dalam pilihan hidup. ihktiar suatu yg wajib dilakun semakin sempitnya dunia terhadap ruang gerak individu yang termajilakan secara sistem. kebebasa adalah hak mutlak..!!
This entry was posted in Internet. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s