SBY Harapkan Standar Pendidik Pramuka Dibakukan

Siapa yang tidak kenal dengan gerakan pramuka di mulai dari Sekolah Dasar (SD) sampai perguruan tinggi (PT), pergerakan itu hanya bisa menjadi intara atau Extra dalam di dunia pendidikan. Sampai sekarang pun gerakan itu belum dibakukan. Dalam Berpidato Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengharapkan standar pendidik gerakan Pramuka dapat dibakukan guna meningkatkan standar kompetensi sistem pendidikan kepramukaan.

Berpidato pada peringatan Hari Ulang Tahun ke-49 Pramuka di Lapangan Gajah Mada Taman Wiladatika, Cibubur, Jakarta, Sabtu, Presiden mengatakan tenaga pendidik dalam Pramuka mulai dari pembina, para instruktur, maupun pelatih, seharusnya dapat dibakukan melalui sertifikasi, registrasi, dan lisensi.

“Semuanya itu kita tujukan untuk meningkatkan kualitas dan peran penting gerakan Pramuka dalam membina tunas-tunas harapan bangsa di masa depan,” ujarnya.

Kepala Negara menyatakan gerakan Pramuka sesungguhnya memiliki peran penting mencetak generasi muda unggul dan berkarakter sebagai agen pembangunan, menjadi salah satu instrumen penguasaan ilmu pengetahuan dan keterampilan praktis, dan menjadi ajang berkarya bagi generasi muda kreatif, berkepribadian tangguh, berbudi luhur, dan disiplin.

Peran Pramuka lain tak kalah penting, lanjut Presiden, sebagai sarana pembelajaran bagi persaudaraan, pertemanan, kerukunan, dan kekompakan sesama warga bangsa. Presiden mengingatkan para pimpinan gerakan Pramuka di semua lapisan untuk senantiasa mendengarkan kritik-kritik masyarakat agar bisa menjalankan peran-peran penting tersebut secara sempurna.

“Lakukan inovasi dan pembaharuan, agar metodologi dan kegiatan gerakan kepramukaan semakin tepat dan sesuai dengan keadaan zaman,” katanya. Presiden mengatakan telah cukup banyak dorongan, dukungan, dan fasilitas yang disediakan pemerintah untuk memajukan dan mengembangkan Gerakan Pramuka.

Sejak pencanangan revitalisasi gerakan Pramuka pada 2006, Presiden juga menilai telah banyak perkembangan dan kemajuan dicapai oleh Pramuka. Namuan agar gerakan Pramuka dapat lebih maju lagi, Presiden meminta penguatan organisasi dan manajemen kepramukaan dilakukan secara tepat dan benar. “Mari kita mantapkan peran Gugus Depan sebagai tempat pendidikan anggota muda dan pusat pelatihan sebagai tempat pendidikan bagi anggota dewasa,” ajaknya.

Presiden meminta Pramuka bisa mengedepankan materi yang berkaitan dengan peningkatan patriotisme, semangat bela negara, kepemimpinan, pembentukan karakter, serta persatuan dan kekompakan sebagai bangsa.

Sedangkan kepada para menteri terkait dan kepala daerah seluruh Indonesia, Presiden meminta mereka memberi bantuan dan dukungan nyata kepada gerakan Pramuka.

About alqonews

tolalitas pada sesuatu itu dalah keharus dalam pilihan hidup. ihktiar suatu yg wajib dilakun semakin sempitnya dunia terhadap ruang gerak individu yang termajilakan secara sistem. kebebasa adalah hak mutlak..!!
This entry was posted in Pendidikan. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s