Malaysia Cenderung Perlambat Perundingan

Makassar – Menteri Kelautan dan Perikanan, Fadel Muhammad, menilai bahwa Malaysia cenderung memperlambat perundingan mengenai batas wilayah dengan Indonesia. “Ada kecenderungan Malaysia memperlambat perundingan batas wilayah,” katanya di Makassar, Senin, saat menghadiri safari Ramadhan Partai Golongan Karya (Golkar).

Kecenderungan memperlambat tersebut terindikasi dari penyelesaian permasalahan yang tidak kunjung menemui titik temu selama bertahun-tahun. “Deklarasi Juanda menjadi pegangan kita selama ini,” ujarnya.

Ia mengatakan, pada rapat kabinet minggu lalu, presiden telah memerintahkan untuk segera menggelar perundingan untuk menyelesaikan permasalahan batas wilayah dengan Malaysia karena sudah lama dibiarkan berlarut-larut.

“Saya juga akan ikut mendesak Kementerian Luar Negeri untuk menyelesaikan permasalahan batas wilayah tersebut,” katanya.

Terkait kerugian negara yang disebut cukup besar akibat pencurian ikan oleh nelayan asing di perairan Indonesia mencapai Rp50 triliun, ia membantahnya. “Saya bingung kalau ada yang bilang Rp50 triliun, jadi angka tersebut tidak pernah ada,” ujarnya.

Ia mencontohkan, jika diasumsikan pencurian ikan yang terjadi sebanyak 20 persen dari total produksi ikan nasional sebanyak 5,6 juta ton per tahun dengan harga ikan per kilogramnya Rp20 ribu, kerugian negara diperkirakan sebesar Rp200 miliar.

“Kita fokus mengurus yang berhubungan dengan kesejahteraan dan kemakmuran kalau keamanan ada petugas keamanan yang menanganinya,” katanya menambahkan.

About alqonews

tolalitas pada sesuatu itu dalah keharus dalam pilihan hidup. ihktiar suatu yg wajib dilakun semakin sempitnya dunia terhadap ruang gerak individu yang termajilakan secara sistem. kebebasa adalah hak mutlak..!!
This entry was posted in Politik & Pemerintah. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s