Ormas Islam Banyak Salah Kaprah

Denpasar – Kyai Haji Nuril Arifin mengatakan, organisasi masyarakat atau ormas Islam banyak salah kaprah dalam melakukan aktivitasnya.

“Mereka melakukan tindakan kekerasan yang dianggap tak sepaham, dengan mengatasnamakan agama Islam,” kata KH Nuril Arifin saat menjadi pembicara dalam diskusi publik bertema “Hidup Damai Tanpa Kekerasan” itu. Menurut dia, padahal Islam itu agama yang damai, sejuk, menghormati sesama manusia dan menerima perbedaan.

KH Nuril Arifin yang akrab dipanggil Gus Nuril menyebutkan, ormas Islam di Indonesia yang sering menggunakan kekerasan adalah Front Pembela Islam (FPI). Selain FPI ada juga yang disebut dengan Forum Betawi Rempug (FBR). Kedua ormas ini sangat sering melakukan “sweeping” atas nama Islam. Padahal tindakan tersebut sangat bertentangan dengan ajaran Islam yang sesungguhnya.

“Ini benar-benar salah kaprah karena mereka sama sekali tidak menghidupi nilai-nilai Islam yang ada di Indonesia,” katanya.

Ia mengatakan, Islam yang dibawa adalah Islam dari Arab dan Timur Tengah. Padahal FBR dan FPI adalah ormas yang baru berdiri, tetapi bisa mempengaruhi pola pikir generasi muda Indonesia yang sealiran dengan mereka.

“Mereka membawa spirit Islam dari Arab dan tampil lebih Arab dari orang Arab sesungguhnya,” kritik Gus Nuril.

Menariknya, kata dia, aparat keamanan sama sekali tidak berkutik bila berhadapan dengan beberapa ormas yang dimaksud. Polisi misalnya, seakan membiarkan berbagai tindakan brutal berbagai Ormas Islam tersebut. Mereka diberi ruang untuk melakukan main hakim sendiri dan sama sekali tidak mengambil langkah-langkah hukum seperlunya.

“Sekalipun ditangkap, mereka hanya dimintai keterangan yang kemudian dilepas lagi. Hal yang sama juga terjadi dengan DPR-RI sebagai lembaga pembuat undang undang” ucapnya.

Hal tersebut, lanjut Gus Nuril, berarti tidak ada ketegasan pemerintah untuk menghapus dan membubarkan berbagai ormas yang seringkali melakukan “sweeping” tanpa dikawal polisi.

“Tindakan itu kan sama memberikan ruang kebebasan para preman yang dibungkus dalam sebuah ormas. Kalau menegakkan hukum, ya aparat harus berani tegas dan menjebloskan ke penjara,”ungkapnya

About alqonews

tolalitas pada sesuatu itu dalah keharus dalam pilihan hidup. ihktiar suatu yg wajib dilakun semakin sempitnya dunia terhadap ruang gerak individu yang termajilakan secara sistem. kebebasa adalah hak mutlak..!!
This entry was posted in Peristiwa. Bookmark the permalink.

One Response to Ormas Islam Banyak Salah Kaprah

  1. rama says:

    bagi Q sepaham dengan gus nuril….. klw islam itu cinta damai dan bisa menrima segala perbedaan,,,,dengan perbedaan itu juga timbul skAp saling toleran dan juga itu sudah terdapat dalam al_Qur’an………….
    kalau pun ada islam yang mengedepankan kekersaan dan main hakim sendiri itu berarti bukan termasuk islam sesungGuhnya walupun ormas itu beriman tp nabi besar kita nabi Muhammad SAW mengajarkan untuk rendah hati dan saling memaafkan satu sama lain………….. kita sebenarnya juga paham dengan ormas islam yang mengedepankan kekerasaan bahwa sesungguhnya mereka ingin kebenran yang di tegagkan bukan kesalhan tetapi cara tndakan yang di lakukannya slah dan tidak semuanya kebenaran di ungkap dGan kekerasaan………..

    negara ini pun negara hukum maka dengan semestinya negara ini pun harus adil dengan semuanYA tidak membedakan satu dengan yang lain….maka tidak sepantasnya aparat yang berwenang membiarkannya dengan melihat saja korban Atau kerugian yang di hasilkan setelah itu di tangkap lalu dilepeskan………. akan tetapi sebenarnya harus di tindak adil dengan hukum yang berlaku di perundang-undangan indonesia tercinta…………

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s