Lima Alasan Kunjungan Kerja DPR ke Belanda

Dua komisi di Dewan Perwakilan Rakyat melakukan kunjungan kerja ke lima negara pada September 2010 ini. Komisi IV DPR mengunjungi Belanda dan Norwegia, sementara Komisi X ke Afrika Selatan, Korea selatan dan Jepang.

Komisi IV yang sedang menyiapkan rancangan Undang-undang Hortikultura memilih ke Belanda karena sejumlah alasan. Menurut anggota Komisi IV, Viva Yoga Mauladi, pertama, Belanda termasuk negara pelopor yang mempopulerkan teknologi pertanian, terutama teknologi hortikultura. Misalnya melalui teknologi green house, teknologi ultraviolet untuk membunuh jamur dan virus tanaman serta teknologi irigasi.

Kedua, separuh lahan negara Belanda digunakan untuk pertanian dan menjadi sumber devisa negara serta menjadi sumber pendapatan masyarakat. “Di Indonesia yang mempunyai 7 juta hektare lahan yang tidak produktif ini mau diapakan?” kata politisi Partai Amanat Nasional itu kepada Wartawan

Alasan ketiga, Belanda termasuk negara eksportir hortikultura ke Eropa dan negara lainnya. Komisi IV ingin membandingkan bagaimana regulasi/kebijakan yang prorakyat dan prokesejahteraan.

Keempat, Viva menyatakan, kunjungan kerja itu juga diisi pertemuan formal dengan Kementerian Belanda, Parlemen Belanda, Kamar Dagang dan Industri Belanda dan asosiasi hortikultura.

“Kelima, kunjungan ini bukan untuk jalan-jalan melainkan mencari input, mendalami, membandingkan kebijakan serta program-program yang dilaksanakan dalam pengembangan hortikultura di Indonesia. Kita negara yang subur tapi belum makmur karena manajemen pembangunan pertanian tidak dikelola secara komprehensif. Harus ada sinergi antarkementerian,” kata Viva.

Sebelumnya, Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (Fitra) melansir kunjungan kerja ke lima negara ini menghabiskan Rp3,7 miliar. Menurut Fitra, kunjungan kerja ini sebenarnya tidak diperlukan karena data-data bisa diperoleh melalui internet atau jaringan parlemen dunia.

About alqonews

tolalitas pada sesuatu itu dalah keharus dalam pilihan hidup. ihktiar suatu yg wajib dilakun semakin sempitnya dunia terhadap ruang gerak individu yang termajilakan secara sistem. kebebasa adalah hak mutlak..!!
This entry was posted in Politik & Pemerintah. Bookmark the permalink.

One Response to Lima Alasan Kunjungan Kerja DPR ke Belanda

  1. mida says:

    Mungkin harusnya mereka backpackeran aja ya, biar studi bandingnya ga ngabisin duit rakyat😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s