Produk Digital Teknologi Informasi Indonesia Mendunia

Ini suatu kebanggan bagi kita Software atau peranti lunak pendidikan sains buatan Indonesia yang dikembangkan PT Pesona Edukasi terpilih sebagai finalis di salah satu kategori penghargaan bergengsi dunia untuk produk digital teknologi informasi dan komunikasi bidang pendidikan. Peranti lunak pendidikan sains Indonesia ini akan bersaing dengan produk negara-negara lain di ajang penghargaan BETT Awards 2011 di London, Inggris, yang diumumkan awal tahun depan.

“Penghargaan BETT Awards ini prestisius di kalangan internasional untuk TIK pendidikan. Software Indonesia bisa terpilih sebagai finalis, itu merupakan pengakuan luar biasa, kita mesti bisa melihat peluang ini untuk mengembangkan developer software pendidikan berkualitas dunia,” kata Bambang Juwono, Managing Director PT Pesona Edukasi, di Jakarta, Kamis (21/10/2010).

PT Pesona Edukasi atau di dunia internasional dikenal sebagai AmazingEdu membuat peranti lunak animasi untuk pendidikan Fisika dan Matematika yang sesuai kurikulum sejak 1986. Peranti lunak yang sudah dibuat versi Inggrisnya itu telah diekspor ke 23 negara.

Hary Candra, Marketing Director PT Pesona Edukasi, mengatakan, peranti lunak pendidikan Indonesia tersebut masuk sebagai finalis di kategori Secondary, FE & Skills Digital Content. Produk yang bisa ikut antara lain harus memenuhi syarat sesuai kurikulum, aksesibel, menjadikan belajar efektif dan inovatif untuk guru dan siswa.

Pada tahun lalu, di ajang pameran teknologi pendidikan terbesar di dunia itu hadir hampir 30.000 pengunjung. Ada lebih dari 600 perusahaan yang ikut pameran yang berlangsung selama 27 tahun.

Hary mengatakan, sebenarnya Indonesia memiliki potensi untuk mengembangkan peranti lunak pendidikan berkelas dunia. Peranti lunak animasi Fisika dan Matematika PT Pesona Edukasi juga ambil bagian untuk bisa masuk dalam proyek Next Generation Interactive Textbook (NGIT) Singapura serta masuk lima besar dari 24 perusahaan internasional dalam proyek Edumall Singapura.

Pengembang peranti lunak Indonesia lainnya, PT Smart Soft Indo International, dipercaya menyediakan sistem manajemen sekolah ke NEC Asia di Singapura. Peranti lunak perusahaan ini dipakai di beberapa SD dan sekolah menengah di Negeri Singa itu.

Perangkat lunak atau software pendidikan Sains dan Matematika dari PT Pesona Edukasi yang murni buah karya anak bangsa mampu menembus pasar global. Bahkan, PT Pesona Edukasi terpilih menjadi satu dari sembilan partner tingkat dunia Microsoft untuk mengisi materi teknologi baru Microsoft dalam bidang pendidikan MultiPoint Mouse.

Ananta Gondomono, Academic Program Manager PT Microsoft Indonesia, di Jakarta, Selasa (4/5/2010), mengatakan bahwa konten pendidikan yang diciptakan PT Pesona Edukasi itu diunggah di situs web Microsoft sehingga bisa diakses secara global dan gratis. Microsoft mengembangkan teknologi MultiPoint Mouse untuk mengatasi kesenjangan penggunaan teknologi informasi di dunia pendidikan.

Menurut Ananta, di ruang kelas yang memiliki komputer atau PC yang terbatas, produk tersebut kini bisa digunakan secara bersama-sama oleh siswa. Hal ini juga sudah diuji coba dengan dipakai oleh 20 siswa secara bersamaan.

Teknologi Windows MultiPoint Mouse adalah rekayasa pemrograman komputer yang memungkinkan satu layar komputer dapat diakses sampai lebih dari 30 mouse sekaligus. Satu komputer dapat digunakan oleh 30 anak dalam satu kelas dengan masing-masing anak menggunakan mouse sendiri-sendiri untuk menjalankan aplikasi secara bersama-sama.

Manfaat dari penggunaan teknologi ini adalah memberi kesempatan anak untuk berkolaborasi dalam menjalankan satu program atau berkompetisi antara satu dan yang lain. Aplikasi dari PT Pesona Edukasi yang diberi nama Amazing Concert dapat diunduh secara gratis di http;//www.microsoft.com/multipoint/mouse-sdk/showcase.aspx.

Hary Candra, Marketing Director PT Pesona Edukasi, menjelaskan bahwa PT Pesona Edukasi mengembangkan perangat lunak Amazing Concert, yakni sebuah aplikasi perangat lunak pendidikan untuk bermain musik bersama. Selain itu, ada juga DigiCarnival, yakni perangat lunak belajar Matematika dengan topik mengurutkan angka, dan Monkey Rescue untuk belajar bahasa dan pengetahuan umum yang dikemas seperti permainan Hangman.

About alqonews

tolalitas pada sesuatu itu dalah keharus dalam pilihan hidup. ihktiar suatu yg wajib dilakun semakin sempitnya dunia terhadap ruang gerak individu yang termajilakan secara sistem. kebebasa adalah hak mutlak..!!
This entry was posted in Pendidikan. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s