Penerapan Standar Kompetensi Wartawan

Jakarta (Berita Dewan Pers) – Dewan Pers bersama komunitas pers mulai menyusun syarat dan tata cara lembaga-lembaga penguji kompetensi wartawan untuk mendukung pelaksanaan Standar Kompetensi Wartawan. Ada empat jenis lembaga penguji yang akan dibuatkan syarat dan tata caranya, yaitu organisasi wartawan, perusahaan pers, lembaga pendidikan dan pelatihan wartawan, serta perguruan tinggi.

Selain itu, juga sedang disusun kriteria tokoh pers sebagai pemegang sertifikat kompetensi wartawan utama. Pertemuan pertama digelar di Gedung Dewan Pers Jakarta, Kamis, (30|09|2010) dihadiri antara lain perwakilan dari wartawan, perusahaan pers, organisasi pers, dan lembaga pendidikan wartawan.

Wakil Ketua Dewan Pers, Bambang Harymurti, menyatakan aturan-aturan di bidang pers yang sedang disusun ini dapat memperkuat kemerdekaan pers seperti yang diharapkan publik.

Anggota Dewan Pers, Wina Armada Sukardi, menjelaskan syarat dan tata cara lembaga penguji ini harus disusun agar Standar Kompetensi Wartawan yang telah disahkan Dewan Pers awal 2010 dapat segera diterapkan.

Sebelumnya, sejumlah perusahaan pers telah menandatangani Piagam Palembang, Februari 2010, yang salah satunya berisi kesediaan menjalankan Standar Kompetensi Wartawan di perusahaan masing-masing.

Wina menambahkan, apabila Standar Kompetensi Wartawan telah diterapkan maka ke depan akan semakin mudah membedakan antara wartawan profesional atau kompeten dan tidak kompeten.

 

About alqonews

tolalitas pada sesuatu itu dalah keharus dalam pilihan hidup. ihktiar suatu yg wajib dilakun semakin sempitnya dunia terhadap ruang gerak individu yang termajilakan secara sistem. kebebasa adalah hak mutlak..!!
This entry was posted in Seputar Pers. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s